Kalori Fruit Tea Markisa, Nilai Gizi, dan Komposisi Nya

Bungkus Depan Fruit Tea Markisa

Fruit Tea Markisa (250 ml)

Informasi Nilai Gizi

Takaran Saji

250 ml

Sajian per kemasan

1

Jumlah per sajian

Energi Total

100 kkal

Energi dari lemak

0 kkal

 

%AKG

Lemak Total

0 g

0 %

Kolesterol

0 g

0 %

Lemak Jenuh

0 g

0 %

Protein

0 g

0 %

Karbohidrat total

23 g

8 %

Gula

23 g

 

Garam (Natrium)

80 mg

8 %

*Persen AKG berdasarkan kebutuhan energi 2150 kkal. kebutuhan energi anda mungkin lebih tinggi atau lebih rendah.

Kalori dan Informasi Nilai Gizi Fruit Tea Markisa
Kalori dan Informasi Nilai Gizi Fruit Tea Markisa

Kalori Fruit Tea Markisa РFruit tea markisa adalah satu dari berbagai varian rasa fruit tea, brand minuman teh rasa buah yang populer pada tahun 2000-an. 

Minuman yang memiliki tagline “Ngeblend Sensasinya” ini merupakan produksi PT Sinar Sosro tahun 1997 sebagai bentuk inovasi dari produk sebelumnya yaitu teh botol sosro. 

Kombinasi antara teh dengan berbagai jenis buah menghasilkan teh buah dengan sensasi yang berbeda dengan jenis teh lain. Tak heran fruit tea sukses dipasaran dan menjadi salah satu pelopor minuman teh buah kemasan di Indonesia.

Sebenarnya kandungan apa saja yang terdapat dalam satu botol fruit tea markisa? Apa saja komposisinya? Berapa batas konsumsi fruit tea markisa dalam seminggu? Berikut penjelasannya. 

Jumlah kalori yang terdapat dalam satu botol fruit tea markisa (250 ml) adalah 100 kalori terdiri dari 23g karbohidrat, 0g protein, dan 0g lemak. 

Persentase AKG Fruit Tea Markisa 

KeteranganJumlahPersen AKG
Kalori100 kkal5%
Protein0 g0%
Karbohidrat23 g7%
Lemak0 g0%

Persen AKG berdasarkan kebutuhan energi 2150 kkal. kebutuhan energi anda mungkin lebih tinggi atau lebih rendah.

Komposisi Fruit Tea Markisa

Komposisi Fruit Tea Markisa
Komposisi Fruit Tea Markisa
  • Air
  • Gula 
  • Teh hitam (0,17%)
  • Pengatur keasaman (asam sitrat, natrium sitrat)
  • Perisa sintetik markisa
  • Antioksidan (asam askorbat)
  • Konsentrat buah apel (0,006%)
  • Ekstrak Markisa (0,005%)

Informasi Gizi Fruit Tea Markisa

Kandungan Kalori

Satu botol fruit tea markisa mengandung 100 kalori atau setara dengan 5% kebutuhan kalori harian. Ini berarti minum satu botol fruit tea tidak akan menimbulkan tubuh anda kelebihan kalori. 

Kandungan Gula

Pada dasarnya manusia membutuhkan cukup asupan gula setiap harinya untuk menghasilkan energi bagi tubuh. Berdasarkan Permenkes Nomor 30 tahun 2013 disebutkan bahwa batas konsumsi gula setiap harinya tidak boleh lebih dari 50 gram. 

Sedangkan dalam satu botol fruit tea markisa terdapat kandungan gula sebesar 23 gram. Artinya mengonsumsi satu teh botol fruit tea sama dengan memenuhi 46% kebutuhan gula harian. 

Berdasarkan keterangan Dokter Spesialis Gizi Klinis, dr Marya Hryono SpGK, FINEM, mengonsumsi gula berlebihan dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan seperti risiko meningkatnya berat badan (obesitas) hingga risiko terkena penyakit jantung.

Cara Membakar 100 Kalori Fruit Tea Markisa

Sebenarnya satu botol fruit tea markisa hanya mengandung 100 kalori. Meskipun demikian kandungan gula dalam setiap kemasannya cukup tinggi. Oleh karena itu perlu aktivitas untuk membakar kalorinya agar tidak menumpuk dalam tubuh. 

Beberapa aktivitas yang dapat anda lakukan antara lain:

Keterangan Waktu 
Berjalan25 Menit
Jogging10 Menit
Bersepeda Santai21 Menit
Jiu-jitsu12 Menit
Judo12 Menit
Taekwondo12 Menit
Basket14 Menit

Berdasarkan tabel diatas dapat dilihat bahwa waktu yang dibutuhkan untuk membakar 100 kalori fruit tea markisa hanya berkisar 10-25 menit saja. Adapun aktivitasnya dapat anda sesuaikan dengan kondisi fisik dan kesibukan yang anda jalani.

Berapa Batas Konsumsi Fruit Tea Markisa dalam Seminggu?

Jika dilihat dari komposisinya, fruit tea markisa sebenarnya hanya mengandung 0,17% teh hitam dan 0,005% ekstrak markisa. Artinya fruit tea markisa bukan minuman teh buah asli melainkan minuman rasa teh buah. 

Bungkus Belakang Fruit Tea Markisa
Bungkus Belakang Fruit Tea Markisa

Selain itu fruit tea markisa juga mengandung bahan-bahan kimia seperti perisa sintetik markisa, asam sitrat, natrium sitrat, serta asam askorbat. 

Berdasarkan ketetapan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), batas konsumsi bahan-bahan tersebut tidak boleh melebihi dari 3000 mg/L asam sitrat, 2000 mg natrium sitrat, dan 75-90 mg asam askorbat setiap harinya. 

Bahan-bahan tersebut dapat menimbulkan masalah kesehatan jika dikonsumsi melebihi batas. Sedangkan pada komposisi fruit tea markisa tidak disebutkan jumlah kadar dari masing-masing bahan tersebut.  

Oleh karena itu ada baiknya anda membatasi konsumsinya untuk menghindari bahaya kesehatan yang dapat terjadi. 

Menurut penelitian ahli di Swedia yang dikutip dari health.okezone.com, sebaiknya mengonsumsi minuman kemasan tidak dilakukan lebih dari dua kali dalam seminggu. 

Hal ini dilakukan karena tubuh membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mencerna bahan-bahan tersebut dalam saluran pencernaan.

Ragam Varian Rasa Fruit Tea

Fruit tea memiliki berbagai varian rasa antara lain : 

  • Fruit Tea Apel.
  • Fruit Tea Lemon.
  • Fruit Tea Strawberry.
  • Fruit Tea Blackcurrant.
  • Fruit Tea Markisa.
  • Fruit Tea X-Treme (Apel – Blackcurrant).
  • Fruit Tea Freeze (Stroberi – Anggur sensasi dingin). 
  • Fruit Tea Passion Fruit (Markisa).

Tinggalkan komentar