Kalori Kue Talam : Ketan, Ubi Manis, Abon, Udang, Dll

Foto Kue Talam

Kalori Kue Talam – Kue talam merupakan camilan tradisional khas Betawi yang cukup populer di Indonesia. Kue talam memiliki perpaduan rasa manis dan gurih. Rasa gurih kue talam dihasilkan dari santan yang menjadi salah satu bahan utamanya.

Selain memiliki rasa manis dan gurih, kue talam juga memiliki tekstur yang lentur dan sedikit lengket, sehingga banyak orang yang menyukainya. Kue talam biasanya dijadikan sebagai menu andalan saat bulan puasa. 

Saat ini kue talam dibuat dengan berbagai macam varian rasa seperti kue talam ubi, kue talam lapis ketan, kue talam pandan, dan masih banyak lagi.

Jumlah kalori yang terdapat pada 1 porsi kue talam adalah 194 kalori. Sedangkan jika ditambah dengan ketan menjadi sebesar 266 kalori.

Pada artikel ini akan dibahas mengenai jumlah kalori kue talam dengan berbagai macam varian. Adapun pembahasan lengkapnya adalah sebagai berikut:

Daftar Kalori Kue Talam

Berikut ini adalah daftar kalori kue talam dengan berbagai macam variannya:

Nama MakananKalori
Kue Talam194 Kalori
Kue Talam Ketan266 Kalori
Kue Talam Ubi Manis216 Kalori
Kue Talam Ijo195 Kalori
Kue Talam Abon240 Kalori
Kue Talam Udang239 Kalori
Kue Talam Waluh200 Kalori
Kue Talam Isi Ayam235 Kalori
Kue Talam Pisang205 Kalori
Kue Talam Pandan Gula Merah223 Kalori

Jumlah kalori kue talam ditentukan dari bahan dan takaran resep yang diberikan, sehingga jumlah kalori yang dihasilkan pada tiap masakan bisa saja berbeda-beda. 

Untuk jumlah kalori kue talam pada tabel di atas, kami menghitungnya berdasarkan takaran yang kami buat sendiri.

Cara Membakar 194 Kalori pada Kue Talam

Membakar kalori menjadi penting untuk dilakukan, terutama bagi anda yang mengalami kelebihan kalori dalam tubuh.

Kalori memang dibutuhkan sebagai sumber energi, menjaga fungsi organ, membantu pernafasan, dan memompa darah. 

Namun, kalori juga akan memberikan efek negatif apabila jumlah asupannya melebihi batas aman yang ditentukan. 

Untuk membakar kalori secara efektif, maka diperlukan aktivitas fisik yang mendukung. Berikut ini contoh aktivitas fisik yang bisa anda lakukan untuk membakar kalori dari kue talam sebesar 194 kkal:

KegiatanWaktu
Jogging20 Menit
Bersepeda Santai40 Menit
Senam46 Menit
Berenang23 Menit
Menyapu40 Menit
Belajar81 Menit
Bekerja Kantoran108 Menit

Pada tabel di atas terdapat banyak aktivitas fisik yang bisa anda lakukan untuk membantu membakar kalori yang dihasilkan dari kue talam.

Untuk mendapatkan hasil pembakaran kalori yang maksimal, maka anda juga perlu menentukan waktu terbaik untuk melakukan olahraga atau aktivitas yang berhubungan dengan hal tersebut.

Mengutip dari laman healthline, melakukan aktivitas olahraga sebaiknya dilakukan di pagi hari, sebab olahraga di pagi hari bermanfaat untuk memperlancar proses metabolisme, sehingga jumlah kalori yang terbakar menjadi lebih banyak.

Selain itu, olahraga di pagi hari juga bisa merangsang munculnya hormon endorfin yang bisa membuat mood anda menjadi lebih baik.

Sumber Utama Kalori Kue Talam

Kue talam umumnya dibuat dengan banyak varian. Bahan yang dibutuhkan pada tiap variannya berbeda-beda, sehingga sumber kalorinya pun bisa berbeda-beda.

Adapun bahan yang biasa digunakan sebagai sumber kalori dari kue talam adalah sebagai berikut:

  • Tepung beras
  • Santan
  • Gula pasir

Sumber kalori dari kue talam banyak mengandung karbohidrat dan juga lemak. Mengutip dari laman health.kompas, mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat secara berlebihan bisa menyebabkan mudah lelah dan lesu, serta bisa memicu naiknya berat badan

Oleh sebab itu, hendaknya anda bisa lebih bijak dalam mengonsumsi kue talam, agar tidak menimbulkan masalah kesehatan yang mungkin saja bisa terjadi.

Apakah Kue Talam Bagus untuk Diet?

Diet dapat dipahami sebagai penerapan pola makan sehat untuk mencapai gaya hidup yang sehat. Diet memiliki banyak tujuan, salah satu tujuan utama dari diet adalah untuk menurunkan berat badan.

Mengutip dari laman hellosehat.com, untuk menunjang keberhasilan dari diet sehat yang anda lakukan, maka anda harus memperhatikan makanan yang anda konsumsi dan porsi makan yang wajib anda penuhi setiap harinya.

Kue talam merupakan salah satu makanan ringan yang memiliki kalori cukup banyak. Apabila dilihat dari bahan yang digunakan, nutrisi yang terkandung dalam kue talam kebanyakan berasal dari karbohidrat dan juga lemak.

Salah satu bahan untuk membuat kue talam adalah tepung beras. Mengutip dari laman hellosehat.com, tepung beras merupakan bahan makanan yang mengandung kalori cukup tinggi dan memiliki serat cukup rendah, sehingga kurang baik untuk dikonsumsi saat diet.

Selain itu, kue talam juga mengandung gula yang cukup tinggi. Mengutip dari laman hellosehat.com, mengonsumsi makanan yang mengandung gula secara berlebihan bisa menyebabkan tubuh mudah lelah dan sering merasa lapar.

Dengan begitu, maka kue talam kurang begitu bagus untuk anda konsumsi saat sedang menjalankan program diet. 

Tinggalkan komentar