Kalori Lupis : Hitam, Putih, Klenting, Kelapa Parut, Dll

Foto Lupis

kalori Lupis – Lupis merupakan salah satu kue tradisional Indonesia yang berasal dari Jawa Tengah. Memiliki tekstur yang lembut dan rasa manis pada kudapannya. Ciri khas dari lupis adalah dibungkus dengan daun pisang, berbentuk segitiga.

Bahan utama dari lupis adalah beras ketan, yang dibungkus dengan daun pisang yang kemudian dikukus. Dalam metode penyajiannya, kue lupis biasanya disiram dengan gula merah yang sudah dicairkan dan ditaburi dengan kelapa parut.

Biasanya kue lupis dijual dengan makanan tradisional lainnya seperti cenil, getuk, lontong dan klepon. Kue tradisional seperti lupis sangat mudah ditemukan di pasar tradisional dan juga pinggiran jalan desa. Belum ada resto khusus yang menyajikan kue lupis.

Tidak begitu banyak varian rasa yang ditawarkan oleh kue lupis. Biasanya hanya terdapat dua jenis kue lupis yang beredar di pasaran yaitu kue lupis berwarna hijau dan kue lupis tanpa warna. 

Tetapi, tahukah Anda berapa kalori di dalam kue lupis? Jumlah kalori yang terdapat pada 1 porsi kue lupis ketan hitam adalah 325 kalori.

Pada artikel ini akan dibahas tentang kandungan kalori yang ada pada kue lupis yang cukup dikenal oleh masyarakat.

Daftar Kalori Kue lupis

Kue lupis tidak memiliki banyak varian dalam penyajiannya, hanya saja terkadang berwarna hijau dan tanpa warna. Berikut adalah daftar kalori kue lupis.

Nama MakananKalori
Kue Lupis Ketan Hitam 1 Porsi325 Kalori
Kue Lapis Ketan Putih333 Kalori
Kue Lupis Klenting325 Kalori
Kue Lupis 1 Biji132 Kalori
Kue Lupis + Kelapa + Gula Merah398 Kalori
Kue Lupis Tanpa Gula Merah322 Kalori
Kue Lupis + Kelapa Parut322 Kalori

Pada daftar kalori diatas terlihat bahwa terdapat perbedaan jumlah kalori pada kue lupis. Perbedaan tersebut dikarenakan perbedaan saat penyajian kue lupis, jika disajikan secara lengkap yaitu dengan penambahan kelapa parut dan gula merah cair kalorinya mencapai 398 kalori.

Cara Membakar Kalori Kue Lupis

Kalori yang dihasilkan oleh kue lupis sangat beragam, tergantung cara penyajiannya, sehingga diperlukan aktivitas yang tepat untuk membakar kalori yang dihasilkan kue lupis. 

Berikut adalah pilihan aktivitas yang bisa dilakukan untuk membakar 325 kalori kue lupis.

AktivitasWaktu
Belanja90 Menit
Yoga90 Menit
Gym Ringan44 Menit
Sepak Bola33 Menit
Badminton27 Menit
Berkebun68 Menit
Bola voli68 Menit
Hiking44 Menit
Basket44 Menit

Kalori yang dihasilkan kue lupis sebesar 325 kalori akan cepat terbakar dengan badminton yang hanya membutuhkan waktu 27 menit, sedangkan cara tercepat kedua ada sepak bola yang membutuhkan waktu 16 menit.

Sumber Kalori Kue Lupis

Dilihat dari cara penyajian dan pembuatannya, sumber kalori kue lupis terbagi menjadi tiga yaitu beras ketan, gula dan kelapa parut.

Apakah Kue Lapis Meningkatkan Berat Badan?

Melihat dari sumber kalori kue lapis, kandungan terbesarnya adalah karbohidrat, kemudian gula yang berasal dari gula merah dan juga lemak dari kelapa parut. Jika dikonsumsi secara berlebih tanpa diimbangi dengan pola sehat tentunya dapat menyebabkan peningkatan berat badan.

Kue lupis dapat dijadikan salah satu alternatif pengganti nasi untuk sarapan,dulunya lupis ini sering dijadikan salah satu menu sarapan. Beras ketan yang menjadi bahan utama dapat membuat merasa kenyang.

Akan yang perlu diperhatikan adalah kandungan gula dari gula merah, jika dikonsumsi secara berlebih selain dapat meningkatkan berat badan dapat menyebabkan diabetes.

Manfaat Konsumsi Ketan Pada Kue Lupis

Ketan hitam sebagai bahan utama kue lupis jika dikonsumsi Secara Bijak memiliki banyak sekali manfaat. Antara lain.

1. Penunjang daya tahan tubuh

Kadar antosianin yang ada pada beras hitam berfungsi untuk memperkuat daya tahan tubuh menjadi lebih baik, bahkan menurut tim dokter dari laman SehatQ.com, kemampuan ketan ini jauh lebih baik dibandingkan beras merah. 

2. Melawan kanker dan penyakit jantung

Antioksidan yang ada pada beras ketan mampu mengurangi kadar kolesterol jahat yang ada pada darah, sehingga resiko penyakit jantung menurun. 

3. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Ketan merupakan salah satu gandum utuh, sehingga memiliki kandungan serat yang tinggi, kandungan serat inilah yang mampu menjaga sistem pencernaan tetap sehat dan metabolisme dalam tubuh menjadi lebih baik.

Tinggalkan komentar