Kalori Martabak : Keju, Telur, Manis, Coklat, Tahu, Sayur, Dll

Foto Martabak

Kalori Martabak – Martabak merupakan makanan populer yang digemari oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Bahkan, hampir di seluruh penjuru nusantara pasti ada yang menjajakan makanan ini.

Martabak yang terkenal di Indonesia dibedakan menjadi 2 jenis, yakni martabak manis yang memiliki bentuk seperti terang bulan dan martabak telur yang memiliki rasa gurih yang khas.

Lalu berapa kalor Martabak? Kalori martabak adalah sebesar 300 kalori hingga 488 kalori tergantung jenis martabaknya. Untuk satu potong martabak diperkirakan kalorinya sebesar 50 kalori (tergantung besar potongan).

Untuk lebih jelasnya seputar kalori martabak semua jenis, silahkan simak penjelasan berikut.

Daftar Kalori Martabak

Berikut ini adalah daftar kalori martabak dengan berbagai varian rasa:

Nama MakananKalori
Martabak Manis392 Kalori
Martabak Telur464 Kalori
Martabak Keju436 Kalori
Martabak Mie488 Kalori
Martabak Manis Coklat Keju458 Kalori
Martabak Manis Coklat Kacang438 Kalori
Martabak Tahu386 Kalori
Martabak Mini300 Kalori
Martabak Ketan Hitam375 Kalori
Martabak 1 Potong50 Kalori
Martabak Sayur348 Kalori

Jumlah kalori martabak pada masing-masing masakan bisa saja berbeda. Hal tersebut disebabkan oleh bahan dan takaran yang digunakan oleh pembuatnya kemungkinan besar juga berbeda.

Untuk jumlah kalori martabak pada tabel di atas, kami hitung sesuai dengan takaran yang kami buat sendiri.

Cara Membakar 392 Kalori pada Martabak

Membakar kalori menjadi penting, terutama bagi anda yang memiliki kadar kalori cukup tinggi di dalam tubuh. Mengutip dari laman alodokter.com, terlalu banyak kalori dalam tubuh, bisa memicu permasalahan kesehatan yang serius seperti obesitas, hipertensi, dan stroke.

Hal yang perlu dilakukan untuk membakar kalori adalah dengan memperhatikan aktivitas fisik yang akan dilakukan. Pastikan aktivitas fisik tersebut bisa anda lakukan dan anda nyaman dalam melakukannya.

Berikut ini adalah beberapa aktivitas fisik yang bisa anda jadikan referensi untuk membakar kalori dari martabak :

KeteranganWaktu
Berjalan98 Menit
Jogging40 Menit
Bersepeda Santai82 Menit
Senam93 Menit
Berenang46 Menit
Menyapu82 Menit
Belajar163 Menit

Membakar kalori tidak harus dilakukan di tempat khusus olahraga, anda bisa membakar kalori di rumah, di kantor, di pusat perbelanjaan dan lainnya.

Aktivitas di rumah yang bisa anda manfaatkan untuk membakar kalori adalah menyapu, mencuci, memasak, dan aktivitas lainnya.

Selain itu, anda juga bisa membakar kalori dengan berbelanja. Kegiatan berjalan, memilih pakain pada saat belanja dinilai memiliki efektivitas untuk membakar kalori.

Sumber Utama Kalori pada Martabak

Martabak dibuat dengan berbagai macam varian rasa dan toppingnya. Hal tersebut juga berpengaruh pada bahan yang menjadi sumber kalori dari martabak. 

Adapun sumber kalori dari martabak kebanyakan dihasilkan dari beberapa bahan berikut ini:

  • Tepung roti
  • Mentega
  • Gula
  • Telur
  • Susu cair

Berdasarkan bahan yang digunakan tersebut, dapat diketahui bahwa martabak merupakan makanan tinggi kalori, yang mana kalorinya kebanyakan berasal dari karbohidrat dan lemak.

Apakah Mengonsumsi Martabak Bisa Menyebabkan Gemuk?

Gemuk tidaknya seseorang yang diakibatkan oleh konsumsi makanan tertentu sangatlah relatif, tergantung dari masing-masing individu tersebut.

Namun, yang perlu dipahami adalah bahwa martabak, baik martabak manis maupun martabak telur memiliki jumlah kalori yang cukup tinggi. Jumlah kalori yang terkandung tersebut bisa saja berpengaruh terhadap kenaikan berat badan anda.

Mengutip penjelasan dr. Celleen Rei Setiawan pada laman alodokter.com, gemuk tidaknya manusia bisa diukur berdasarkan Indeks Massa Tubuh. IMT sendiri diperoleh dari berat badan dalam satuan kg dibagi dengan tinggi badan dalam satuan meter dan dikuadratkan.

Rata-rata IMT yang normal berkisar pada 18,5 – 24,9. Apabila jumlah IMT anda melebihi 24,9, maka anda mengalami kelebihan berat badan. 

Selain itu, kenaikan berat badan juga bisa dianalisa dengan kebutuhan kalori harian. Mengutip dari laman alodokter.com, rata-rata kebutuhan kalori harian bagi wanita adalah 2100 -2300. Sedangkan untuk pria adalah 2600 – 2700.

Apabila jumlah konsumsi yang anda lakukan melebihi batas kalori harian, maka hal tersebut juga bisa memicu terjadinya kenaikan berat badan pada tubuh anda.

Pada dasarnya martabak manis dan martabak telur bisa anda konsumsi selama jumlah konsumsinya tidak berlebihan dan diimbangi dengan aktivitas fisik untuk membakar kalori yang dihasilkan dari konsumsi martabak.

Tinggalkan komentar