Kalori Nasi Liwet : Sunda, 1 Piring, Ayam Bakar, Ikan, Dll

Foto Nasi Liwet

Kalori Nasi Liwet – Indonesia sejak dahulu memang terkenal akan kekayaan kulinernya. Hal ini dibuktikan dengan adanya makanan khas di setiap daerahnya. Salah satu makanan daerah yang cukup populer adalah nasi liwet.

Jika dilihat dari sejarahnya, ada beberapa versi berbeda yang menyatakan asal usul dari nasi liwet. Berdasarkan buku Kuliner Surakarta : Mencipta Rasa Penuh Nuansa yang dikutip dari kompas.com, nasi liwet merupakan jenis kuliner yang berasal dari Kabupaten Sukoharjo.

Sedangkan pada versi lain, ada yang menyebutkan bahwa nasi liwet merupakan kuliner yang berasal dari Sunda. Nasi liwet pada dasarnya merupakan jenis nasi yang dimasak dengan beberapa jenis bumbu sehingga menghasilkan rasa yang gurih.

Biasanya nasi liwet disajikan bersama dengan sambal, lalapan, serta beberapa lauk sederhana sebagai pelengkapnya. 

Sebelum itu, berapakah kalori dalam nasi liwet? Jumlah kalori yang terkandung dalam 1 piring liwet adalah 348 kalori. Jumlah tersebut akan berbeda jika ada perbedaan lauk.

Artikel ini akan membahas tentang daftar kalori nasi liwet serta beberapa informasi menarik lainnya. Simak selengkapnya dalam pembahasan berikut ini :

Daftar Kalori Nasi Liwet

Berikut daftar kalori dari masing-masing varian nasi liwet :

Nama MakananKalori
Nasi Liwet348 kalori
Nasi Liwet Sunda387 kalori
Nasi Liwet Satu Piring348 kalori
Nasi Liwet Ayam Bakar 576 kalori
Nasi Liwet Ayam Suwir393 kalori
Nasi Liwet Bakar335 kalori
Nasi Liwet Campur Pete387 kalori
Nasi Liwet Daun Pisang348 kalori
Nasi Liwet Ebi374 kalori
Nasi Liwet Ikan Asin385 kalori
Nasi Liwet Ikan Bakar372 kalori
Nasi Liwet Jengkol486 kalori
Nasi Liwet Komplit853 kalori
Nasi Liwet Oncom367 kalori
Nasi Liwet Sunda Komplit964 kalori
Nasi Liwet Teri377 kalori

Setiap orang membuat nasi liwet dengan resep yang berbeda-beda berdasarkan seleranya masing-masing. Hal ini akan berpengaruh pada kalori yang dihasilkan oleh setiap nasi liwet dimana antara satu resep dengan resep lainnya tidaklah sama.

Adapun perhitungan yang kami lakukan berdasarkan takaran dari kami sendiri sehingga hasilnya mungkin akan sedikit berbeda dengan kalori yang dihasilkan oleh perhitungan yang dilakukan orang lain.

Cara Membakar 348 Kalori Nasi Liwet

Pada dasarnya kita perlu mengimbangi konsumsi makanan dengan aktivitas. Selain untuk menjaga kesehatan, aktivitas fisik juga bermanfaat untuk membantu melancarkan proses metabolisme sehingga pembakaran lemak dapat berjalan lebih cepat.

Ada berbagai aktivitas yang bisa dilakukan untuk membakar 348 kalori dari nasi liwet, mulai dari aktivitas ringan hingga melakukan berbagai olahraga. Berikut beberapa contohnya :

KeteranganWaktu
Gym Ringan47 Menit
Sepak Bola36 Menit
Badminton29 Menit
Senam83 Menit
Berenang40 Menit
Menyapu73 Menit
Belajar145 Menit

Tabel diatas menunjukkan total waktu yang dibutuhkan untuk membakar kalori nasi liwet berdasarkan jenis aktivitas yang dilakukan, dimana aktivitas ringan seperti belajar atau menyapu membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama daripada aktivitas olahraga.

Sumber Utama Kalori Pada Nasi Liwet

Sumber kalori dari nasi liwet sebenarnya ditentukan oleh bahan-bahan yang digunakan dalam proses pembuatannya. Beberapa jenis bahan pembuatan nasi liwet mengandung kalori yang lebih tinggi dibandingkan dengan bahan lainnya. 

Adapun sumber utama kalori pada nasi liwet adalah nasi dan santan. Santan menjadi salah satu penyumbang kalori terbesar dalam nasi liwet karena 10 ml santan mengandung sekitar 23 kalori.

Meskipun mengandung kalori cukup tinggi, sebenarnya santan mengandung berbagai nutrisi mulai dari protein, karbohidrat, lemak, kalsium, fosfor, zat besi, serta beberapa nutrisi lain yang baik untuk tubuh.

Dilansir dari laman hellosehat.com, ada beberapa manfaat dari mengonsumsi santan diantaranya :

  • Membantu menjaga kesehatan pembuluh darah.
  • Menjaga kesehatan jantung.
  • Membantu menjaga fungsi otak.
  • Meningkatkan sistem imunitas.
  • Mengontrol berat badan.

Apakah Nasi Liwet Boleh Dikonsumsi Setiap Hari?

Pada dasarnya nasi liwet merupakan jenis nasi yang diolah menggunakan tambahan bumbu sehingga menghasilkan rasa yang lebih gurih dan aroma yang harum. Tidak heran jika banyak orang menyukai salah satu olahan nasi ini. 

Sama seperti jenis nasi lainnya, nasi liwet dikonsumsi bersama beberapa lauk sebagai pelengkapnya. Oleh karena itu, kalori dari nasi liwet lebih banyak dibandingkan nasi putih biasa yang dikonsumsi bersama dengan lauk.

Meskipun kalorinya lebih tinggi nasi liwet tetap dapat dikonsumsi setiap hari. Hal ini karena proses pembuatan nasi liwet menggunakan bahan-bahan alami sehingga tidak menimbulkan efek samping bagi yang mengonsumsinya.

Anda hanya perlu mengontrol porsinya agar tidak melebihi batas kalori yang boleh dikonsumsi setiap hari sesuai dengan aturan yang ditetapkan oleh Kementerian kesehatan.

Dengan demikian anda tetap bisa menikmati nasi liwet tanpa khawatir akan risiko penyakit yang bisa menyerang tubuh anda. Semoga bermanfaat !

Tinggalkan komentar