Kalori Rawon : 1 Mangkok, Daging, Nasi, Telur Asin, Dll

Foto Rawon

Kalori Rawon – Rawon merupakan salah satu kuliner khas nusantara yang berasal dari Jawa Timur. Kuliner yang satu ini sekilas mirip dengan soto hanya saja kuahnya berwarna hitam karena menggunakan kluwek sebagai salah bumbu utama nya.

Meskipun sekilas makanan yang satu ini mirip dengan soto karena kondimennya yang serupa, namun rasa kuahnya bisa dibilang cukup berbeda.

Rawon sendiri biasanya hanya disajikan dengan daging sapi dengan pilihan daging sapi goreng atau rebus. Tidak seperti halnya soto yang bisa disajikan dengan pilihan daging ayam, daging sapi, ataupun daging kambing.

Selain itu terdapat kondimen tambahan pada sajian rawon yang membuatnya lebih nikmat dan sedap yaitu telur asin bebek yang direbus.

Berbicara tentang nikmatnya rawon, tahukah anda jumlah kalori yang terdapat pada semangkuk rawon? Jumlah kalori pada 1 mangkuk rawon adalah berkisar 119 kalori. Berikut ini merupakan ulasan selengkapnya tentang jumlah kalori pada sajian rawon.

Daftar Kalori Pada Sajian Rawon

Tabel di bawah ini adalah daftar jumlah kalori yang terdapat pada beberapa sajian rawon yang sudah cukup populer dan banyak disukai.

Nama MakananKalori
1 Mangkuk Rawon 119 Kalori
Rawon daging244 Kalori
Rawon dengan nasi478 Kalori
Rawon dengan telur asin244 Kalori
Rawon daging dengan nasi dan telur asin603 Kalori
Rawon daging dengan nasi, telur asin, dan kerupuk udang680 Kalori
Rawon pecel198 Kalori
Rawon pecel dengan nasi395 Kalori

Pada tabel di atas dapat kita lihat jika beberapa variasi sajian rawon memiliki jumlah kalori yang berbeda. Hal ini karena setiap variasi sajian memiliki sumber kalori tambahan yang berbeda.

Bahkan untuk variasi sajian rawon yang sama pun dimungkinkan bisa terdapat selisih jumlah kalori karena penggunaan resep yang berbeda sehingga takaran bahan dan bumbunya pun berbeda dan mempengaruhi jumlah kalorinya.

Cara Membakar 244 Kalori dari Sajian Rawon

Tabel di bawah ini akan menunjukkan lamanya waktu proses pembakaran 244 kalori menjadi energi berlangsung sesuai dengan aktivitas maupun kegiatan yang dilakukan.

Aktivitas / KegiatanWaktu yang Diperlukan
Lompat Tali 20 Menit
Berenang 28 Menit
Yoga 68 Menit
Berjalan 61 Menit
Bersepeda santai 51 Menit
Jogging 25 Menit
Belanja 68 Menit

Pada tabel di atas dapat kita lihat jika semakin sedikit aktivitas yang dilakukan oleh tubuh maka proses pembakaran kalori menjadi energi akan berlangsung lebih lama.

Begitupun sebaliknya jika tubuh aktif melakukan aktivitas atau banyak mengeluarkan tenaga maka proses pembakaran kalori akan berlangsung lebih cepat.

Sumber Kalori Utama Rawon

Beberapa kondimen pada sajian rawon berperan sebagai sumber kalori utama, yang terdiri dari:

  • Daging sapi
  • Kluwak
  • Telur asin bebek rebus

Kondimen kondimen di atas termasuk ke dalam sumber kalori utama rawon karena merupakan bagian dari sajian rawon yang memiliki kandungan protein, karbohidrat, dan juga lemak.

Untuk mengetahui batas konsumsi rawon, sebaiknya anda menyesuaikannya dengan asupan kalori harian. Pastikan porsi rawon yang anda konsumsi tidak melebihi asupan kalori harian. 

Kandungan Gizi yang Terdapat Pada Rawon

Menurut data dari Kementerian Kesehatan RI, Tabel Komposisi Pangan Indonesia (TKPI), kandungan gizi yang terdapat pada rawon diantaranya adalah sebagai berikut:

Nama Kandungan GiziJumlah Kandungan Gizi
Energi60 kalori
Karbohidrat 4 gram 
Protein 5,4 gram
Lemak2,5 gram
Air 86 gram
Abu 1,7 gram
Besi 3,3 gram
Fosfor 153 miligram
Kalsium 272 miligram
Karoten 1,235 mikrogram
Retinol 11 mikrogram
Serat 0,3 gram
Tiamin 0,09 miigram

Dari banyaknya kandungan gizi yang terdapat pada rawon seperti tabel di atas, terdapat banyak manfaat yang bisa kita peroleh dari mengonsumsi rawon, seperti:

  1. Adanya kandungan kalsium pada rawon maka dapat mengurangi resiko terjadinya penyakit kardiovaskular termasuk stroke. Tidak hanya itu, kandungan kalsium pada rawon juga dapat membantu proses pembekuan darah dan membuat tingkat keasaman darah lebih seimbang.
  2. Adanya kandungan zat besi pada rawon maka mengonsumsi rawon dapat mengurangi gejala anemia serta meningkatkan produksi hemoglobin dalam darah.
  3. Rawon memiliki kandungan retinol yang dapat menghambat penuaan dini seperti halnya gejala keriput.

Namun perlu diingat jika konsumsi rawon tetap tidak boleh dilakukan secara berlebihan. Karena sebaik apapun makanan, jika dikonsumsi secara berlebihan dapat memberikan efek negatif pada kesehatan sebagaimana yang diungkapkan oleh Dr. Rupali Dutta seorang ahli nutrisi.

Tinggalkan komentar