Kalori Telur Ceplok : Balado, Nasi, Tanpa Nasi, Pedas Manis, Dll

Foto Telur Ceplok

Kalori telur ceplok – Siapa diantara kalian yang sering menggoreng telur ceplok saat sedang terburu-buru dalam beraktivitas di pagi hari ? 

Pagi hari memang waktu terbaik dalam mengonsumsi telur. Dilansir dari health.detik.com, kandungan protein dan lemak pada telur dapat menahan rasa lapar lebih lama. Selain itu mengonsumsi telur di pagi hari juga membantu tubuh dalam mengurangi keinginan ngemil.

Telur ceplok memang telah melekat di lidah semua kalangan karena cara pengolahannya yang praktis dan cepat bahkan hanya dalam waktu kurang dari waktu lima menit. 

Selain praktis, telur juga terkenal akan kandungan proteinnya yang tinggi. Dikutip pada hellosehat.com, selain protein satu butir telur mengandung berbagai macam nutrisi penting seperti kalsium, fosfor, zat besi, kalium, zink, dan vitamin A, B1, B2, B6, D, E dan K.

Saat ini telur ceplok dapat dikreasikan menjadi berbagai jenis masakan. Berikut ini daftar kalori dari masing-masing kreasi telur ceplok.

Daftar Kalori Telur Ceplok

Nama MakananKalori
Telur Ceplok173 kalori
Telur Ceplok Dengan Nasi407 kalori
Telur Ceplok Asam Manis248 kalori
Telur Ceplok Pedas Manis286 kalori
Telur Ceplok Balado221 kalori
Telur Ceplok Bumbu Rujak282 kalori
Telur Ceplok Lada Hitam238 kalori
Telur Ceplok Kecap Pedas254 kalori
Telur Ceplok Masak Santan305 kalori
Telur Ceplok Rica Rica282 kalori
Telur Ceplok Saus Tiram233 kalori

Total kalori yang dihasilkan oleh telur ceplok sebenarnya bergantung pada resep dan bahan-bahan tambahan yang digunakan. 

Bahan-bahan tersebut tentu berpengaruh pada pada jumlah kalori yang dihasilkan. Kami menghitung jumlah kalorinya berdasarkan takaran kami sendiri.

Cara Membakar 173 Kalori Telur Ceplok

Beberapa aktivitas yang dapat dilakukan untuk membakar kalori Telur Ceplok, antara lain :

KeteranganWaktu
Belajar72 Menit
Bekerja Kantoran96 Menit
Belanja48 Menit
Karate20 Menit
Jiu-jitsu20 Menit
Judo20 Menit
Taekwondo20 Menit

Sumber Utama Kalori Pada Telur Ceplok

Pada dasarnya beberapa variasi olahan telur ceplok menggunakan resep dan takaran yang berbeda-beda. Namun pada dasarnya sumber kalori utama pada telur ceplok adalah :

  • Telur
  • Minyak goreng

Beberapa jenis olahan telur ceplok tidak menggunakan minyak goreng melainkan margarin untuk memasaknya. Ada juga yang menggunakan santan untuk memasaknya. 

Hal tersebut tentu berpengaruh pada total kalori dari masing-masing jenis telur ceplok.

Apakah Telur Ceplok Bisa Dikonsumsi Setiap Hari?

Telur ceplok merupakan jenis olahan telur yang paling praktis dan disukai hampir seluruh masyarakat Indonesia. Tidak hanya untuk sarapan, telur ceplok bisa dikonsumsi kapan saja, sebagai lauk maupun sebagai pelengkap hidangan lainnya seperti mie atau nasi goreng.

Selain praktis telur ceplok kaya akan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Oleh karena itu anda tidak perlu khawatir akan adanya efek samping dari rutin mengonsumsinya setiap hari.

Sebaliknya mengonsumsi telur justru bermanfaat bagi kesehatan. Dilansir dari laman hellosehat.com, ada berbagai manfaat dari mengonsumsi telur setiap hari antara lain :

1. Membentuk Dan Memperbaiki Jaringan Tubuh

Kandungan protein dalam telur berfungsi untuk membentuk dan memperbaiki banyak jaringan dalam tubuh manusia seperti otot, otak, sistem peredaran darah, tulang dan sebagainya. 

Dengan mengonsumsi telur setiap hari, artinya anda telah memenuhi asupan protein guna menjalankan fungsi tersebut.

2. Menjaga Kesehatan Mata

Telur mengandung dua antioksidan yaitu lutein serta zeaxanthin yang berfungsi untuk mengurangi risiko penyakit katarak degenerasi makula.

3. Menjaga Kesehatan Otak

Telur mengandung zat bernama kolin yang berperan penting dalam menjaga kemampuan kognitif serta memori pada otak. 

4. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Telur mengandung kolesterol yang bermanfaat untuk menyeimbangkan kadar kolesterol jahat dari makanan lainnya yang masuk kedalam tubuh anda dengan cara mengubah kolesterol jahat tersebut menjadi kolesterol baik dalam tubuh.

5. Menguatkan Sistem Imunitas

Telur mengandung berbagai jenis nutrisi mulai dari protein, vitamin, asam amino dan sebagainya yang bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. 

Selain itu pada kuning telur juga terdapat senyawa berupa glikopeptida tersulfasi yang membantu merangsang sel-sel kekebalan tubuh yang bermanfaat untuk menghindari serangan berbagai penyakit serta risiko terjadinya infeksi.

Itulah beberapa manfaat dari rutin mengonsumsi telur setiap hari. Meskipun demikian, anda tetap perlu mengonsumsi beberapa jenis makanan lainnya agar kebutuhan nutrisi anda dapat terpenuhi dengan baik.

Tinggalkan komentar