Kalori Telur Rendang : Santan, Pedas, Kentang, Bumbu Kuning, Dll

Foto Telur Rendang

Kalori Telur Rendang – Telur rendang merupakan olahan telur yang biasanya dijadikan menu pada salah satu masakan rumah padang. Ciri khas dari telur rendang ini adalah bumbu merah yang menggugah selera.

Biasanya telur yang digunakan adalah telur ayam, selain lebih murah kalori pada telur ayam juga lebih rendah dari pada telur bebek.

Olahan rendang, biasanya mengandung kalori yang tinggi karena proses pengolahannya yang menggunakan minyak berlebih. Masakan ini tidak cocok bagi yang sedang menjalankan program diet, karena menyumbang banyak kalori pada tubuh.

Telur rendang memiliki banyak jenis olahan, mulai dari bumbu kuning, kentang, dengan santan dan tanpa santan. 

Pada Artikel ini akan dibahas tentang daftar kalori pada setiap jenis olahan telur rendang yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat.

Daftar Kalori Telur Rendang

Berikut adalah daftar kalori pada setiap olahan telur rendang yang populer di masyarakat:

Nama MakananKalori
Telur Rendang Dengan Santan450 Kalori
Telur Rendang Tanpa Santan473 Kalori
Telur Rendang Pedas450 Kalori
Telur Rendang Balado455 Kalori
Telur Rendang Kentang495 Kalori
Telur Rendang Tempe465 Kalori
Telur Rendang Tahu460 Kalori
Telur Rendang Bumbu Kuning475 Kalori
Telur Rendang Brokoli452 Kalori

Pada tabel diatas terlihat bahwa terdapat perbedaan pada setiap olahan telur rendang. Perbedaan kalori disebabkan pada proses pengolahan telur rendang, bumbu tambahan dan juga makanan pendamping telur redang.

Hitungan kalori diatas merupakan hitungan dengan takaran resep kami sendiri, bisa jadi resep yang digunakan orang lain juga memiliki kalori yang berbeda.

Cara Membakar Kalori Telur Rendang

Kalori telur rendang sebesar 450 kalori dapat dibakar dengan menggunakan berbagai macam cara. Beberapa cara yang digunakan adalah sebagai berikut:

AktivitasWaktu
Bola voli94 Menit
Hiking61 Menit
Basket61 Menit
Karate52 Menit
Jiu-jitsu52 Menit
Judo52 Menit
Taekwondo52 Menit
Lompat Tali37 Menit
Aerobik52 Menit

Jenis olahraga tercepat yang bisa dilakukan adalah lompat tali yang membutuhkan waktu sekitar 37 menit. Sedangkan olahraga terlama adalah bola voli yang membutuhkan waktu 94 menit.

Sumber Kalori Telur Rendang

Beberapa sumber kalori telur rendang yang diperoleh dari bumbu, bahan utama dan juga tambahannya adalah sebagai berikut:

  • Telur
  • Minyak
  • Kentang
  • Santan
  • Tahu
  • Tempe

Apakah Telur Rendang Mengakibatkan Kenaikan Berat Badan?

Jika dilihat dari besar kalorinya saja telur rendang dapat dipastikan menyebabkan kenaikan berat badan. 

Hal ini bisa terjadi secara signifikan jika dikonsumsi secara tidak bijaksana, artinya dimakan secara terus menerus tanpa diimbangi dengan aktivitas yang memadai seperti olahraga atau aktivitas harian yang banyak menguras tenaga. 

Dari komposisi kalorinya saja, sudah bisa disimpulkan bahwa telur rendang dapat mengakibatkan gagalnya proses diet. Kandungan lemak merupakan penyumbang kalori terbesar, yang kemudian disusul oleh kalori telur.

Tips Sehat Konsumsi Telur Rendang

Telur rendang memang memiliki kalori lebih tinggi dibandingkan dengan kalori olahan telur lainnya, akan tetapi telur rendang tetap memiliki nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Berikut adalah tips agar telur rendang lebih sehat.

1. Kurangi penggunaan minyak

Pengurangan penggunaan minyak akan mengurangi kandungan kalori yang ada pada telur rendang, dan pastikan minyak yang digunakan adalah baru.

2. Gunakan topping yang sehat 

topping sehat disini maksudnya adalah bahan makanan yang rendah kalori seperti sayuran hijau. Hindari penambahan sosis dan kentang, karena sosis dan kentang termasuk makanan yang tinggi kalori.

3. Imbangi dengan makan yang bergizi dan olahraga

meskipun telur adalah makanan yang bergizi, kita tetap harus memperhatikan asupan gizi yang masuk kedalam tubuh. Serta pastika aktivitas yang seimbang.

Tinggalkan komentar