Kalori Tongseng Sapi : Nasi, Tanpa Nasi, Pedas, Tanpa Santan, Dll

Foto Tongseng Sapi

Kalori Tongseng Sapi Р Tongseng merupakan kuliner khas Jawa Tengah. Tongseng biasanya dibuat dengan isian daging kambing atau sapi dengan beberapa sayuran sebagai pelengkapnya.

Masakan dengan kuah santan ini juga memiliki cita rasa yang cukup lezat. Perpaduan rasa gurih, manis, dan pedasnya cukup pas dengan lidah masyarakat Indonesia.

Di balik kelezatannya ternyata tongseng juga menyimpan fakta menarik yang jarang diketahui orang. Ternyata asal usul dari tongseng sendiri terinspirasi dari pedagang Timur Tengah pada abad ke-18 sampai 19.

Apakah anda pernah mencoba kuliner tongseng, khususnya tongseng sapi? Jika belum, berikut ini ada informasi menarik seputar kalori dari tongseng sapi yang mungkin bermanfaat bagi anda yang ingin mencicipi tongseng sapi tapi khawatir dengan kadar kalorinya.

Jumlah kalori yang terdapat pada tongseng sapi tanpa santan adalah 371 kalori. Jumlah kalori tersebut akan berbeda jika Anda menambahkan bahan atau lauk maupun nasi. Simak ulasan informasi kalori dari berbagai kreasi tongseng sapi berikut ini.

Daftar Kalori Tongseng Sapi

Berikut ini adalah daftar kalori tongseng sapi dengan berbagai macam kreasi masakan:

Nama MakananKalori
Tongseng Sapi Tanpa Santan371 Kalori
Tongseng Sapi Dengan Nasi605 Kalori
Tongseng Sapi Dengan Santan418 Kalori
Tongseng Sapi Pedas415 Kalori
Tongseng Sapi Pedas Manis417 Kalori
Tongseng Sapi Solo418 Kalori
Tongseng Sapi Dengan Tahu438 Kalori
Tongseng Sapi Dengan Tempe473 Kalori

Jumlah kalori tongseng sapi ditentukan dari bahan dan takaran resep yang digunakan, sehingga apabila masakannya berbeda-beda kreasi, maka hal tersebut juga berpengaruh terhadap jumlah kalori yang dihasilkan.

Untuk jumlah kalori tongseng sapi pada tabel di atas, kami menghitungnya menggunakan takaran kami sendiri.

Cara Membakar 371 Kalori pada Tongseng Sapi

Kalori memang memiliki peran yang cukup penting bagi tubuh manusia. Kalori dihasilkan dari makanan dan minuman yang dikonsumsi setiap hari.

Mengatur asupan kalori masuk dan kalori keluar menjadi penting, terutama bagi mereka yang sering mengonsumsi makanan tinggi kalori tanpa diimbangi dengan aktivitas untuk mengeluarkan sisa kalori yang tidak terpakai tersebut.

Kalori yang tidak terpakai akan menumpuk dan menjadi lemak. Apabila dibiarkan terus-terusan maka dampaknya akan buruk terhadap kesehatan. Oleh sebab itu, perlu dilakukannya pembakaran kalori melalui aktivitas fisik yang termodifikasi. 

Adapun aktivitas fisik yang bisa anda lakukan untuk membakar kalori dari tongseng sapi adalah sebagai berikut:

KeteranganWaktu
Senam88 Menit
Berenang43 Menit
Menyapu77 Menit
Belajar155 Menit
Bersepeda Santai77 Menit
Belanja103 Menit
Senam88 Menit

Membakar kalori tidak hanya dapat dilakukan dengan aktivitas jasmani saja, melainkan dengan kegiatan sehari-hari yang biasa anda lakukan juga dapat membakar kalori.

Kegiatan harian seperti memasak, menyapu, membersihkan rumah juga terhitung sebagai aktivitas fisik yang mampu membakar kalori.

Melansir dari laman alodokter.com, orang yang memiliki berat badan 70 kg, bisa membakar kalori dengan cara memasak. Orang tersebut akan membakar 80 kalori dalam waktu 30 menit dengan cara memasak.

Selain memasak anda juga bisa membakar kalori dengan menyapu rumah. Untuk membakar kalori tongseng sapi sebesar 371 kkal, anda dapat melakukannya dalam waktu 77 menit.

Selain itu, juga masih banyak aktivitas fisik lainnya untuk membantu membakar kalori. Anda bisa menyesuaikan dengan aktivitas yang cocok dengan anda.

Sumber Utama Kalori Tongseng Sapi

Tongseng sapi biasanya dibuat dengan bahan yang bermacam-macam, tergantung selera dari para penikmatnya. Hal tersebut yang kemudian mempengaruhi sumber kalori dari tongseng sapi.

Adapun sumber kalori tongseng sapi umumnya dihasilkan dari bahan-bahan berikut ini:

  • Daging sapi
  • Minyak sayur
  • Gula pasir
  • Kecap manis

Sumber kalori dari tongseng sapi kebanyakan berasal dari kandungan protein dan lemak yang banyak dihasilkan dari minyak sayur dan kecap manis.

Apakah Tongseng Sapi Bagus untuk Diet?

Tongseng sapi merupakan makanan yang diolah dengan bahan utama daging sapi dan diberikan beberapa bahan tambahan, seperti kecap, gula, dan minyak sayur.

Daging sapi memang memiliki berbagai macam manfaat yang baik untuk tubuh. Dikutip dari laman hellosehat.com, daging sapi merupakan sumber protein hewani, vitamin, dan mineral. Itu sebabnya daging sapi bisa dijadikan sebagai menu makan sehat.

Apabila dikonsumsi dengan takaran yang pas, daging sapi juga bisa bermanfaat untuk menu diet. Kandungan proteinnya yang tinggi bisa menjadi asupan protein harian. 

Daging sapi juga mengandung lemak yang cukup tinggi. Jumlah kandungan lemak pada daging sapi hampir mendekati jumlah protein yang dihasilkan. Oleh sebab itu, anda juga perlu memperhatikan jumlah konsumsi daging sapi.

Selain dari daging sapi sebagai bahan utama, tongseng sapi juga terbuat dari minyak sayur dan kecap manis sebagai bahan tambahan penyedap rasa.

Melansir dari laman alodokter.com, minyak goreng atau minyak sayur memiliki kandungan lemak jenuh yang cukup tinggi, sehingga apabila dikonsumsi dalam jumlah banyak bisa meningkatkan resiko penyakit jantung dan penyakit berbahaya lainnya.

Dengan begitu, maka tidak begitu disarankan untuk mengonsumsi tongseng sapi pada saat menjalankan program diet. Jumlah kandungan kalori dan lemak yang tinggi pada tongseng sapi bisa menyebabkan diet anda gagal.

Untuk konsumsi yang lebih aman, sebaiknya anda mengkonsumsi daging sapi yang diolah tanpa lemak dan dimasak dengan menggunakan minyak yang rendah kalori. 

Tinggalkan komentar