Kalori Waffle : Coklat, Egg, Ice Cream, Soft Waffle Cake, Nutella, Dll

Foto Waffle

Kalori Waffle – Waffle merupakan salah satu jajanan yang cukup populer bagi masyarakat Indonesia. Waffle biasanya disajikan bersama dengan topping yang manis seperti es krim aneka rasa, saus coklat, dan beberapa jenis buah-buahan sesuai selera.

Di negara asalnya yaitu Belgia, waffle telah diproduksi sejak tahun 1847 dimana banyak warga Brussels yang membuka toko waffle dirumahnya. Teksturnya yang ringan dan lembut pada akhirnya membuat kepopuleran waffle menyebar ke berbagai negara termasuk Indonesia.

Tidak ada yang tahu kapan tepatnya waffle dikenalkan. Di beberapa versi sejarah, waffle bahkan sudah ada sejak zaman yunani kuno dimana waffle diartikan sebagai kue yang tebal dan berbentuk datar sebelum berevolusi menjadi waffle dengan lubang-lubang seperti sekarang.

Jumlah kalori yang terkandung dalam waffle adalah 247 kalori, jumlah tersebut akan berbeda tergantung kreasi pada waffle tersebut.

Artikel berikut ini akan membahas tentang daftar kalori waffle serta beberapa informasi menarik lainnya. Simak selengkapnya dibawah ini.

Daftar Kalori Waffle

Berikut ini daftar kalori dari beberapa varian waffle :

Nama MakananKalori
Waffle247 kalori
Waffle Coklat272 kalori
Egg Waffle425 kalori
Ice Cream Waffle289 kalori
Soft Waffle Cake247 kalori
Nutella Waffle337 kalori
Crispy Waffle Cake247 kalori
Waffle Oreo347 kalori
Waffle Ubi Ungu323 kalori
Waffle Vanilla Cheese329 kalori

Setiap orang membuat waffle dengan resep yang berbeda-beda berdasarkan seleranya masing-masing. Hal ini akan berpengaruh pada kalori yang dihasilkan oleh setiap waffle dimana antara satu resep dengan resep lainnya tidaklah sama.

Adapun perhitungan yang kami lakukan berdasarkan takaran dari kami sendiri sehingga hasilnya mungkin akan sedikit berbeda dengan kalori yang dihasilkan oleh perhitungan yang dilakukan orang lain.

Cara Membakar 247 Kalori Waffle

Sebenarnya setiap orang memerlukan aktivitas fisik setiap hari untuk menjaga agar tubuhnya tetap sehat. Selain tubuh yang sehat, aktivitas juga memiliki manfaat lain bagi kesehatan termasuk mengontrol kecemasan, menjaga berat badan, dan lain-lain.

Terkait dengan menjaga berat badan, aktivitas fisik dapat membantu mempercepat proses metabolisme. Dengan demikian proses pembakaran kalori dari makanan yang dikonsumsi dapat berjalan dengan lebih cepat. 

Aktivitas fisik tidak hanya terbatas pada olahraga, melainkan dapat dilakukan dengan cara sederhana seperti belajar, belanja, dan sebagainya. Berikut beberapa aktivitas dan waktu yang dibutuhkan untuk membakar 247 kalori waffle :

KeteranganWaktu
Belajar103 Menit
Bekerja Kantoran137 Menit
Belanja69 Menit
Berjalan62 Menit
Jogging25 Menit
Bersepeda Santai51 Menit
Senam59 Menit

Sumber Utama Kalori Pada Waffle

Pada dasarnya kalori dari waffle berasal dari bahan-bahan yang digunakan pada proses pembuatan waffle. Namun dari berbagai bahan yang digunakan, ada beberapa bahan yang mengandung kalori tinggi. Adapun sumber utama kalori pada waffle adalah :

  • Tepung terigu
  • Telur
  • Gula
  • Margarin
  • Minyak goreng

Apakah Waffle Bisa Dikonsumsi Setiap Hari ?

Waffle merupakan salah satu jenis makanan yang biasanya dihidangkan sebagai makanan penutup (dessert). Jika dilihat dari komposisinya bahan dasar yang digunakan untuk membuat waffle adalah tepung terigu. 

Pada dasarnya tepung terigu merupakan salah satu sumber karbohidrat yang cukup umum digunakan sebagai bahan kue. Artinya mengonsumsi waffle sama dengan menambahkan asupan karbohidrat dalam tubuh.

Sebenarnya sesekali mengonsumsi waffle bukanlah suatu hal yang salah. Namun mengonsumsinya setiap hari dapat memberikan efek yang kurang baik bagi kesehatan. Hal ini mengingat waffle mengandung karbohidrat yang cukup tinggi.

Selain itu waffle biasanya dikonsumsi dengan tambahan topping mulai dari saus dan es krim aneka rasa serta buah-buahan segar. Mengonsumsi waffle bersama topping tersebut tentu akan meningkatkan kadar kalorinya.

Oleh karena itu, bukan tidak mungkin jika mengonsumsi waffle setiap hari dapat meningkatkan kalori dalam tubuh. Hal ini karena satu porsi waffle mengandung kalori yang cukup tinggi.

Dilansir dari laman alodokter.com, dr. Diana Putri Veronica mengatakan bahwa ada beberapa risiko kesehatan yang bisa terjadi akibat kelebihan kalori antara lain :

  • Kenaikan berat badan serta risiko obesitas.
  • Meningkatnya tekanan darah tinggi.
  • Risiko penyakit jantung dan stroke.
  • Risiko diabetes tipe-2.

Itulah beberapa risiko kesehatan yang bisa terjadi akibat terlalu sering mengonsumsi waffle. 

Oleh karena itu kami menyarankan anda untuk membatasi konsumsi waffle maksimal dua kali dalam seminggu. Dengan demikian anda akan terhindar dari risiko penumpukan kalori dalam tubuh.

Tinggalkan komentar